Scroll Untuk Membaca Artikel

ZONA DesaZONA Peristiwa

Diterjang Banjir, 13 Rumah Terandam Air Satu Diantaranya Rusak Berat di Desa Ulatan

1370
×

Diterjang Banjir, 13 Rumah Terandam Air Satu Diantaranya Rusak Berat di Desa Ulatan

Sebarkan artikel ini
Rumah milik salah satu warga Dusun 1, Desa Ulatan, Hasrat mengalami kerusakan akibat banjir. Foto : ZonaSulawesiid.

Parigi Moutong, Zona Sulawesi Akibat diguyur hujan deras dini hari tadi mengakibatkan air sungai di dua dusun di Desa Ulatan, Kecamatan Palasa, Kabupaten Parigi Moutong, meluap sehingga terjadi banjir dan sebanyak 13 rumah terendam air dan satu diantaranya mengalami rusak berat, Selasa (4/6/2024).

Adapun rumah yang terendam air di Dusun 1 sebanyak 6 rumah, dan satu diantaranya mengalami kerusakan berat karena tergusur air yang mengalir ke kolong rumah tersebut. Akibatnya, berdampak terhadapt tiang penyanggah rumah.

Selain itu, jalan kantong produksi yang juga menghubungkan ke Dusun 6 mengalami kerusakan akibat tergurus arus banjir.

Sedangkan, di Dusun 4 terdapat 6 rumah dan gedung Polindes Ulatan tergendang air. Bahkan, sejumlah kendaraan roda dua, kulkas, dan sound sistem milik warga Dusun 4 tergenang air.

Sehingga kerugian ditaksasi sekira Rp 30.000.000 juta.

Jalan di Dusun 1, Desa Ulatan, mengalami kerusakan akibat tergurus arus banjir. Foto : ZonaSulawesiid.

Salah satu warga Dusun 1, Desa Ulatan, Nuryan mengatakan peristiwa ini terjadi sekira pukul 04.00 wita. Bahkan, warga setempat sempat panik dan berhamburan keluar rumah.

“Sekitar jam 04.00 wita muncul air dari sungai, dorang (warga) di sini sekitar jam 4 itu so kacau di sini,”ujarnya.

Menurutnya, aat itu hujan sangat deras hal itulah yang membuat warga harus keluar dari rumahnya.

Ia juga mengaku banjir seringkali terjadi ketika hujan turun dengan intensitas cukup deras. Namun, banjir di tahun ini paling parah dari tahun sebelumnya.

“Kejadian seperti sering terjadi ketika hujan deras. Cuman banjir kali ini paling parah,” ucap Nuryan.

Pasalnya, kata Nuryan, aliran air 3 anak sungai dari pegunungan saling bertemu dan mengalir ke sungai di Dusun 1 sehingga ketika air sungai meluap, maka arus banjir sangat deras hingga merembet ke rumah warga.

“Soalnya aliran sungai disini gabungan dari tiga anak sungai jadi pas banjir deras sekalir arusnya,” ujarnya

Oleh karena itu, Nuryan mengharapkan kiranya pemerintah terkait kedepannya dapat melakukan normalisasi daerah aliran sungai untuk mengantisipasi tidak terjadinya kejadian serupa.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Ulatan, Moh Zain mengungkapkan pihaknya sedang mengupayakan kordinasi kepada BPBD Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam menindaklanjuti banjir di Desa Ulatan, pemdes telah membuat surat ditujukkan kepada BPBD Kabupaten Parigi Moutong.

“Kami sudah membuat surat kepada BPBD Parigi Moutong dan akan dikirimkan kepada BPBD Kabupaten Parigi Moutong,” tandasnya.

Baca juga : P2KD Ulatan Laksanakan Rapat Tahapan Pemilihan PAW Kades