Scroll Untuk Membaca Artikel

ZONA Politik

Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres-Cawapres di KPU RI Diwarnai Balas Pantun

17845
×

Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres-Cawapres di KPU RI Diwarnai Balas Pantun

Sebarkan artikel ini
Capres dan cawapres setelah melakukan pengundian nomor urut di Kantor KPU RI. Foto : Istimewa

Jakarta, Zona Sulawesi Dalam pengundian dan penetapan nomor urut  pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI)  diwarnai saling balas pantun antara capres dan cawapres tersebut, bertempat di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Sebelumnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin meraih nomor urut 1, dipesilahkan untuk memberikan sambutan lebih awal dari capres dan cawapres lainnya.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin yang tampil sebagai pembicara didampingi Anies Baswedan tepat berdiri di samping kanannya. Pasangan capres dan cawepres dengan singkatan AMIN itu, mengenakan pakaian putih hitam dan bermahkotakan kopiah.

Setelah menyampaikan pesan menjaga proses Pemilu serta mengajak seluruh rakyat Indonesia mengikuti Pemilu dengan semangat membangun. Di tengah-tengah sambutannya, Cak Imin melontarkan pantun untuk mencoblos nomor urut miliknya bersama mantan Gubernur Jakarta itu.

“Ke Mamuju jangan lupa pakai sepatu, kalau ingin maju pilihlah nomor satu,” tuturnya.

Setelah itu, giliran pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto didampingi Gibran Rakabuming Raka menyampaikan sambutan di hadapan peserta acara tersebut.

Pasangan dari lintas generasi itu, saling berdampingan dengan mengenakan kameja biru muda tanpa memakai kopiah.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan sepakat dengan penyampaian Cak Imin yang merupakan kawan lamanya.

“Karena kalau melaksanakan Pemilu yang curang menghianati bangsa dan rakyat Indonesia. Kita saya juga sependapat dengan pasangan calon nomor 1 terutama yang disampaikan oleh Gus Muhaimin sahabat lama saya,” cetus Prabowo.

Kemudian, Menteri Pertahanan itu mengaku, juga mempunyai pantun. Menariknya, Prabowo melemparkan pantun menyinggung Ketua Umum PKB setelah berpaling ke Koalisi Perubahan.

“Saya juga punya pantun 112, cempaka biru 34 dalam jambangan, kalau mendapat kawan baru kawan lama di lupa jangan,” ucap Prabowo disambut riuh peserta di acara itu.

Sesudah itu, kesempatan pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersama Mahfud Md memberikan sambutan.

Keduanya nampak memakai warna kameja yang berbeda, di mana Ganjar menggunakan kameja dan celana hitam polos, tanpa kopiah. Sedangkan, Mahfud mengenakan kameja putih polos dengan celana hitam, dan kopiah yang terpasang di atas kepalanya.

Usai Ganjar berbicara dalam sambutannya. Kemudian, ia meminta Menko Polhukam untuk membacakan pantun.

Di momen itu, Mahfud membacakan dua pantun terkait kesejahteraan bahkan dalam pantunnya menyatakan, jika dirinya bersama Ganjar menang Pemilu, maka dukungan kepada Palestina semakin menguat.

“Hukum yang tegak harapan kita, sejahtera merata idaman bersama, Ganjar-Mahfud pilihan kita, gotongroyong pilih nomor 3,” ujarnya.

“Satu lagi, satu lagi. Membakar seafood dari Palu, ke negeri Cina naik pesawat, kalau Ganjar-Mahfud menang Pemilu, dukungan ke Palestina makin menguat,” sambung Mahfud.

Dengan berakhirnya seluruh sambutan pasangan capres dan cawapres nomor urut 1,2, dan 3. Maka rangkaian acara itu pun selesai dan di tutup oleh KPU RI.

Baca juga : Tegas! Cak Imin : Kalau Ada ‘Pemain’ Curang Teriaki, Kalau Ada ‘Wasit’ Merangkap Pemain Foto dan Sebarluaskan