Scroll Untuk Membaca Artikel

ZONA Parigi Moutong

Upacara Peringatan Hari lahir pancasila

500
×

Upacara Peringatan Hari lahir pancasila

Sebarkan artikel ini

Parigi Moutong, Zona SulawesiPemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong, Sabtu (1/6/2024).

Staf Ahli Bidang Pemerintah dan Kesra Kabupaten Parigi Moutong, Mawardin, bertindak selaku Pembina Upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D mengatakan pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideology yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia.

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat indonesia. dokumen ini telah ditandatangani secara elektronik yang diterbitkan oleh balai sertifikasi elektronik (bsre), bssn. perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa indonesia.

“Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai- nilai pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan semangat pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa indonesia akan dapat diatasi. terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi pancasila sebagai fondasi dasarnya.

“Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.

Masih pada kesempatan yang sama,kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah pancasila melalui peringatan hari lahir pancasila 1 juni. kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila.

“Semoga peringatan hari lahir pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan pancasila demi indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. semoga allah subhanahu wa ta’ala tuhan yang maha esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara indonesia,” tutupnya.*

Baca juga : Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Parigi Moutong