Scroll Untuk Membaca Artikel

ZONA Parigi MoutongZONA Peristiwa

BPBD Parigi Moutong akan Lakukan Upaya Penanganan Banjir di Desa Eeya dan Ulatan

973
×

BPBD Parigi Moutong akan Lakukan Upaya Penanganan Banjir di Desa Eeya dan Ulatan

Sebarkan artikel ini
Kades Eeya, Sumanto, S.Pd (kiri) bersama Kepala Pelaksana BPBD Parigi Moutong, Idran. Foto : Kades Eeya.

Parigi Moutong, Zona Sulawesi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong berencana akan melakukan upaya penanganan banjir di Desa Eeya dan Ulatan, Kecamatan Palasa, Kabupaten Parigi Moutong.

Kepala Badan Pelaksana BPBD Parigi Moutong, Idran mengatakan pihaknya telah menerima informasi peristiwan banjir di Desa Ulatan dari Camat Palasa, H.Ashar.

Sehingga, langka awal BPBD Parigi Moutong akn melakukan asesmen terhadap warga terdampak di Desa Ulatan. Sebab, untuk Desa Eeya sebelumnya telah dilakukan asesmen.

“Untuk bulatan tadi kami baru dapat informasi dari Pak Camat. Kemungkinan besar Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Parigi Moutong bersama resece lainnya, akan turun melakukan asesmen dalam rangka melakukan kajian cepat,” ujar Idran saag dihubungi ZonaSulawesi, Selasa (4/6/2024).

Menurutnya, kejadian banjir di Desa Eeya sudah terjadi sebangak 3 kali. Berdasarkan hasil asesmen untuk rumah terdampak banjir di Desa Eeya yakni Dusun 2 ada 2 KK, Dusun 5 terdapat 13 KK.

Kemudian, sesuai informasi yang diperoleh BPBD Parigi Moutong kebutuhan warga terdampak banjir di dua desa tersebut, berupa penanganan normalisasi sungan dan bantuan logistik.

Saat ini berdasarkan informasi yang kami terima adapun kebutuhan warga terdampak butuh normalisasi sungai dan logistik

Sehingga yang dibutuhkan untuk di Desa Ulatan dan Eeya berupa normalisasi sungai dan juga bantuan logistik.

“Kalau sudah ada SK maka kami akan melakukan tindaklanjut sesuai permintaan masyarakat untuk mengatasi datangnya banjir lagi,” ujarnya.

Idran juga turut menghimbau kepada Pemdes Eeya dan Ulatan, apabila terjadi banjir susulan, maka warga setempat di evakuasi.

“Melihat situasi dan kondisi sekarang ini, kami berharap pemerintah desa dapa menghimbau masyarakat jika terjadi banjir mendadak tolong di evakuasi ke tempat keluarga yang tidak terdampak,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Eeya, Sumanto, S.Pd telah melakjkan kordinasi secara tatap muka bersama Kepala Pelaksana BPBD Parigi Moutong Idran.

Dalam kesempatan itu, Sumanto mengatakan, pihak BPBD Parigi Moutong memberikan respon baik sekaitan penyampaian peristiwa banjir di Desa Eeya.

“Hasil koordinasi bahwa pihak terkait sangat merespon apa yg menjadi keluhan kami sebagai pemdes,” ucapnya.

Bahkan, menurut Sumanto, BPBD Parigi Moutong mengupayakan secepatnya akan memberikan bantuan logistik dan normalisasi sungai.

Ia juga mengharapkan kiranya penanganan banjir di Desa Eeya segera direalisasikan.

“Harapan saya secepatnya apa yg menjadi permintaan atau kelurahan d realisasikan dan saya berterimakasi kepada pemerintah yg terkait atas respon yang sangat positif,” tandasnya.